Selamat Datang Pengunjung !
Pada kesempatan kali ini Indonesian
Choise akan menjelaskan Tutorial Microsoft Office 2007. Dalam Microsoft
Office Word 2007 terdapat lebih dari satu menu yang memiliki fungsi berbeda –
beda sesuai kebutuhan untuk membantu pekerjaan sehari – hari. Apakah anda
seorang pelajar atau mahasiswa ? ataukah Anda seorang pekerja kantoran ? Jika
IYA pasti anda tidak akan asing lagi dengan hal hal yang berbau komputer
khususnya program yang satu ini. Jika BELUM anda tidak usah khawatir lagi
dengan istilah kata “Saya tidak bisa”
, “Saya orang awam” , “Saya tidak … tidak .. dan tidak…”.
Mulai sekarang simpanlah jauh – jauh kata tersebut karena , mau tidak mau inilah
abad ke – 20 inilah zamannya teknologi yang semakin berkembang yang
mengharuskan kita masuk ke dalamnya. Maka dari itu kita harus dapat
menyesuaikan diri.
Langsung pada materi selanjutnya yaitu tentang cara melakukan
( COPY – PASTE ) yang merupakan salah satu perintah yang dapat dilakukan pada
MS OW 2007, copy – paste yang sering menjadi buah bibir ternyata memiliki pro
dan kontra. Bisa anda banyangkan bagaimana jika menu perintah copy – paste ini
tidak ada ? pasti akan sangat menyulitkan bukan ? itulah alasan yang
diungkapkan oleh pihak Pro Kita harus menulis ulang yang
sangat menyita waktu kita ! tetapi bagi yang kontra ini akan membuat
kita malas bekerja , melakukan pembajakan hasil karya orang lain , dan masih
banyak lagi alasan lainnya, namun kita harus dapat menyerap hal positifnya
yaitu dengan menggunakannya dengan benar.
Maka dari itu MS OW sudah merancang dan memikirkan hal – hal
tersebut dengan sangat jauh sehingga dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan
pekerjaan sehari – hari.
Lalu apa pengertian dari melakukan ( COPY - PASTE ) ? Apa
sajakah fungsi nya ? Bagaimana cara menggunakannya ? Simak jawabannya.
Melakukan ( COPY -
PASTE ) adalah salah
satu kegiatan yang sering dilakukan oleh kita untuk menyalin suatu teks.
Sedangkan COPY – PASTE adalah
perintah untuk melakukan penyalinan / penduplikasian terhadap teks atau objek
yang diseleksi dalam dokumen. Sebenarnya copy – paste sama halnya dengan cut ,
akan tetapi fungsinya berbeda. Fungsi
dari copy –paste yaitu menyalin teks atau objek yang telah diseleksi untuk di
pindahkan secara otomatis masuk seluruhnya ke dalam clipboard yang nantinya
akan kita pindahkan ke dokumen lain menjadi salinan dokumen sebelumnya yang
sama. Cara menggunakan perintah copy - paste akan di jelaskan melalui langkah –
langkah yang disertai gambar. Simaklah penjelasannya dibawah ini :
1. Langkah pertama yang harus kita
lakukan adalah melakukan seleksi pada teks atau objek yang akan kita potong /
cut. ( Sebagai contoh saya akan melakukan perintah cut pada teks dan objek ).
CONTOH
TEKS
-
Terlihat
teks “PANCASILA ADALAH DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA” ? lakukan seleksi
/ blok pada teks tersebut dengan cara drag mouse atau dengan menekan shortcut keyboard Ctrl + A ( Jika
ingin melakukan seleksi menyeluruh ).
- Setelah
selesai memblok teks tersebut , langkah selanjutnya yaitu melakukan copy yang
dapat dilakukan dengan 3 cara, pertama “Klik Kanan” pada teks tersebut ,
lalu pilihlah “Copy” , kedua pilih “menu ribbon home, sub menu clipboard, lihat
ikon copy, lalu klik”, dan
ketiga ( shortcut keyboard copy adalah “CTRL + C” ) maka teks tersebut akan
masuk ke dalam clipboard.
- Selesai
sudah melakukan copy , untuk selanjutnya letakkan teks tersebut ke tempat lain
yang di rencanakan dengan cara “Paste” yang dapat dilakukan dengan 3
cara pula , pertama “Klik Kanan”
pada tempat yang akan dijadikan tempat paste, lalu pilihlah “Paste”,
kedua pilih “menu ribbon home, sub menu clipboard, lihat ikon paste, lalu klik”,
dan ketiga ( shortcut keyboard paste adalah “CTRL + V” ), inilah yang sering di singkat menjadi copy – paste.
CONTOH
OBJEK
- Terlihat
objek yang berupa “GAMBAR WAJAH” ?
lakukan seleksi / blok pada objek tersebut dengan cara drag
mouse dengan menekan tombol keyboard CTRL + ( Objek yang dipilih
).
- Setelah
selesai memblok objek tersebut , langkah selanjutnya yaitu melakukan copy yang
dapat dilakukan dengan 3 cara, pertama “Klik Kanan” pada teks tersebut ,
lalu pilihlah “Copy” , kedua pilih “menu ribbon home, sub menu clipboard, lihat
ikon copy, lalu klik”, dan
ketiga ( shortcut keyboard copy adalah “CTRL + C” ) maka objek tersebut akan
masuk ke dalam clipboard.
- Selesai
sudah melakukan copy , untuk selanjutnya letakkan teks tersebut ke tempat lain
yang di rencanakan dengan cara “Paste” yang dapat dilakukan dengan 3
cara pula , pertama “Klik Kanan”
pada tempat yang akan dijadikan tempat objek tersebut, lalu pilihlah “Paste”,
kedua pilih “menu ribbon home, sub menu clipboard, lihat ikon paste, lalu klik”,
dan ketiga ( shortcut keyboard paste adalah “CTRL + V” ), inilah yang sering di singkat menjadi copy – paste.
Demikian penjelasan tentang , tentang Cara melakukan ( COPY –
PASTE ) teks atau objek pada Microsoft Office Word 2007 , semoga dapat
bermanfaat ( KHUSUS ) bagi pemula
baik itu pelajar maupun non pelajar. Untuk Turitorial Microsoft Word 2007
Silahkan untuk mengikuti link dibawah ini.
KLIK DI SINI untuk melihat artikel tentang Perbedaan
antara PASTE SPECIAL dengan PASTE AS HYPERLINK teks atau objek pada Microsoft
Office Word 2007
Tutorial Microsoft Office 2007
Microsoft Office Word 2007
Microsoft Office Excel 2007
Microsoft Office Power Point 2007
Microsoft Office Access 2007
Microsoft Office Groove 2007
Microsoft Office Publisher 2007
Microsoft Office Info Path 2007
Microsoft Office One Note 2007
Microsoft Office Outlook 2007
Semua
artikel yang ada di website ini original MADE
by INDONESIAN CHOISE bersumber langsung dari pengalaman baik itu gambar ,
kata – kata , link , dan lain – lain. Adapun artikel hasil referensi , copy –
paste , maka akan di cantumkan lengkap pada setiap akhir artikel. Terima Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar