CARA MELAKUKAN ( COPY – PASTE ) TEKS ATAU OBJEK PADA MICROSOFT OFFICE WORD 2007



Selamat Datang Pengunjung !


Pada kesempatan kali ini Indonesian Choise akan menjelaskan Tutorial Microsoft Office 2007. Dalam Microsoft Office Word 2007 terdapat lebih dari satu menu yang memiliki fungsi berbeda – beda sesuai kebutuhan untuk membantu pekerjaan sehari – hari. Apakah anda seorang pelajar atau mahasiswa ? ataukah Anda seorang pekerja kantoran ? Jika IYA pasti anda tidak akan asing lagi dengan hal hal yang berbau komputer khususnya program yang satu ini. Jika BELUM anda tidak usah khawatir lagi dengan istilah kata “Saya tidak bisa” , “Saya orang awam” , “Saya tidak … tidak .. dan tidak…”. Mulai sekarang simpanlah jauh – jauh kata tersebut karena , mau tidak mau inilah abad ke – 20 inilah zamannya teknologi yang semakin berkembang yang mengharuskan kita masuk ke dalamnya. Maka dari itu kita harus dapat menyesuaikan diri.

Langsung pada materi selanjutnya yaitu tentang cara melakukan ( COPY – PASTE ) yang merupakan salah satu perintah yang dapat dilakukan pada MS OW 2007, copy – paste yang sering menjadi buah bibir ternyata memiliki pro dan kontra. Bisa anda banyangkan bagaimana jika menu perintah copy – paste ini tidak ada ? pasti akan sangat menyulitkan bukan ? itulah alasan yang diungkapkan oleh pihak Pro Kita harus menulis ulang yang sangat menyita waktu kita ! tetapi bagi yang kontra ini akan membuat kita malas bekerja , melakukan pembajakan hasil karya orang lain , dan masih banyak lagi alasan lainnya, namun kita harus dapat menyerap hal positifnya yaitu dengan menggunakannya dengan benar.  

Maka dari itu MS OW sudah merancang dan memikirkan hal – hal tersebut dengan sangat jauh sehingga dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan sehari – hari.

Lalu apa pengertian dari melakukan ( COPY - PASTE ) ? Apa sajakah fungsi nya ? Bagaimana cara menggunakannya ? Simak jawabannya.



 

Melakukan ( COPY - PASTE ) adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh kita untuk menyalin suatu teks. Sedangkan COPY – PASTE adalah perintah untuk melakukan penyalinan / penduplikasian terhadap teks atau objek yang diseleksi dalam dokumen. Sebenarnya copy – paste sama halnya dengan cut , akan tetapi fungsinya berbeda. Fungsi dari copy –paste yaitu menyalin teks atau objek yang telah diseleksi untuk di pindahkan secara otomatis masuk seluruhnya ke dalam clipboard yang nantinya akan kita pindahkan ke dokumen lain menjadi salinan dokumen sebelumnya yang sama. Cara menggunakan perintah copy - paste akan di jelaskan melalui langkah – langkah yang disertai gambar. Simaklah penjelasannya dibawah ini :

1.    Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan seleksi pada teks atau objek yang akan kita potong / cut. ( Sebagai contoh saya akan melakukan perintah cut pada teks dan objek ).
CONTOH TEKS
-          Terlihat teks “PANCASILA ADALAH DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA” ? lakukan seleksi / blok pada teks tersebut dengan cara drag mouse atau dengan menekan shortcut keyboard Ctrl + A ( Jika ingin melakukan seleksi menyeluruh ).

-     Setelah selesai memblok teks tersebut , langkah selanjutnya yaitu melakukan copy yang dapat dilakukan dengan 3 cara, pertama “Klik Kanan” pada teks tersebut , lalu pilihlah “Copy” , kedua pilih “menu ribbon home, sub menu clipboard, lihat ikon copy, lalu klik”, dan ketiga ( shortcut keyboard copy adalah “CTRL + C” ) maka teks tersebut akan masuk ke dalam clipboard.
-     Selesai sudah melakukan copy , untuk selanjutnya letakkan teks tersebut ke tempat lain yang di rencanakan dengan cara “Paste” yang dapat dilakukan dengan 3 cara pula , pertama “Klik Kanan” pada tempat yang akan dijadikan tempat paste, lalu pilihlah “Paste”, kedua pilih “menu ribbon home, sub menu clipboard, lihat ikon paste, lalu klik”, dan ketiga ( shortcut keyboard paste adalah “CTRL + V” ), inilah yang sering di singkat menjadi copy – paste.
CONTOH OBJEK 
-      Terlihat objek  yang berupa “GAMBAR WAJAH” ? lakukan seleksi / blok pada objek tersebut dengan cara drag mouse dengan menekan tombol keyboard CTRL + ( Objek yang dipilih ).
-     Setelah selesai memblok objek tersebut , langkah selanjutnya yaitu melakukan copy yang dapat dilakukan dengan 3 cara, pertama “Klik Kanan” pada teks tersebut , lalu pilihlah “Copy” , kedua pilih “menu ribbon home, sub menu clipboard, lihat ikon copy, lalu klik”, dan ketiga ( shortcut keyboard copy adalah “CTRL + C” ) maka objek tersebut akan masuk ke dalam clipboard.
-     Selesai sudah melakukan copy , untuk selanjutnya letakkan teks tersebut ke tempat lain yang di rencanakan dengan cara “Paste” yang dapat dilakukan dengan 3 cara pula , pertama “Klik Kanan” pada tempat yang akan dijadikan tempat objek tersebut, lalu pilihlah “Paste”, kedua pilih “menu ribbon home, sub menu clipboard, lihat ikon paste, lalu klik”, dan ketiga ( shortcut keyboard paste adalah “CTRL + V” ), inilah yang sering di singkat menjadi copy – paste. 


Demikian penjelasan tentang , tentang Cara melakukan ( COPY – PASTE ) teks atau objek pada Microsoft Office Word 2007 , semoga dapat bermanfaat ( KHUSUS ) bagi pemula baik itu pelajar maupun non pelajar. Untuk Turitorial Microsoft Word 2007 Silahkan untuk mengikuti link dibawah ini.

KLIK DI SINI untuk melihat artikel tentang Perbedaan antara PASTE SPECIAL dengan PASTE AS HYPERLINK teks atau objek pada Microsoft Office Word 2007

Tutorial Microsoft Office 2007
Microsoft Office Word 2007
Microsoft Office Excel 2007
Microsoft Office Power Point 2007
Microsoft Office Access 2007
Microsoft Office Groove 2007
Microsoft Office Publisher 2007
Microsoft Office Info Path 2007
Microsoft Office One Note 2007
Microsoft Office Outlook 2007

Semua artikel yang ada di website ini original MADE by INDONESIAN CHOISE bersumber langsung dari pengalaman baik itu gambar , kata – kata , link , dan lain – lain. Adapun artikel hasil referensi , copy – paste , maka akan di cantumkan lengkap pada setiap akhir artikel. Terima Kasih



  



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- See more at: http://blog.ahmadrifai.net/2011/02/membuat-navigasi-halaman-di-blogger.html#sthash.phfaCmoE.dpuf